Sabtu, 14 November 2020

Penggolongan Jenis Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan

Hewan dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan jenis makanannya. Jenis-jenis itu adalah karnivora, herbivora, dan omnivora.

1.  Karnivora

Ini adalah jenis hewan pemakan daging. Hewan yang masuk golongan karnivora ini, dikenal sebagai hewan buas. Itu karena mereka memangsa hewan lain untuk dimakan. Hewan ini dikenal juga sebagai hewan bisa bergerak sangat cepat, gigi taringnya tajam, kukunya juga runcing, pandangan matanya, serta penciumannya tajam. Karena mereka sama-sama mencari hewan untuk diburu, biasanya sesama hewan karnivora tidak mau tinggal bersama-sama. Di alam liar mereka punya daerah kekuasaan masing-masing. Walaupun lebih banyak karnivora yang hidup di darat, tetapi ada juga karnivora yang hidup di laut, dan udara. Karnivora mempunyai karakteristik yang berbeda dari hewan herbivora. Karnivora mempunyai taring dan cakar. Kedua hal ini sangat berguna untuk karnivora.Taring berfungsi untuk merobek daging dari mangsa mereka. sedangkan fungsi cakar mencengkeram mangsa karnivora ketika berburu.

Ciri-ciri karnivora antara lain yaitu :

  • Memiliki gigi taring yang kuat, yang berfungsi untuk mengoyak daging.
  • Ada pula yang memiliki bisa atau racun, seperti kelompok ular.
  • Biasanya memiliki indra penglihat, pencium,dan pendengar yang sangat baik.

Ini dia beberapa contoh hewan karnivora: singa, macan, harimau, citah, serigala, ular, komodo, ikan hiu, burung elang, dan burung rajawali.

 

2.  Herbivora

Hewan herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Mereka bertahan hidup dengan mengandalkan tumbuh-tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar mereka. Pada umunya hewan pemakan tumbuhan atau herbivora tidak mempunyai gigi taring yang tajam. Karena giginya yang tidak terlalu tajam memungkinkan mencerna makanannya dengan mudah. Hewan herbivora tersebar diberbagai belahan dunia. Pada umumnya hewan herbivora hidup di darat. Hampir semua bagian tumbuhan bisa dimakannya.  Seperti, daun, akar, batang, bunga, buah, atau rumput. Hewan ini bisa dikenali dari susunan giginya. Seperti: tidak memiliki giri taring, giginya hanya gigi seri dan geraham untuk mengunyah. Hewan herbivora biasanya bisa bergabung dan hidup bersama dengan hewan herbivora lainnya. Mereka biasanya sama-sama mencari makanan di hutan atau di padang rumput. Ada juga yang tidak mempunyai gigi, tapi mereka punya tembolok. Tembolok ini adalah kantong tempat makanan, yang ada di leher. Biasanya, unggas yang punya tembolok. Tembolok itu gunanya untuk menghaluskan makanan, sebelum dicerna lagi di dalam perut.

Ciri-ciri hewan herbivora antara lain:

  • Memiliki gigi seri, yang biasa digunakan untuk memotong makanan sebelum dikunyah menggunakan gigi geraham.
  • Tidak memiliki gigi taring.
  • Memiliki gigi geraham dengan permukaan yang lebar dan bergerigi.
  • Memiliki pencernaan yang kompleks
  • Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan
  • Memiliki gigi yang datar pada bagian belakang
  • Ada juga yang tidak memiliki gigi melainkan memiliki tembolok. Fungsi tembolok hampir sama dengan fungsi gigi geraham.

Contoh hewan herbivora adalah kuda, gajah, sapi, kerbau, kambing, burung merpati, perkutut, dan burung beo.

 

3.  Omnivora

Nah, yang terakhir adalah hewan omnivora. Inilah hewan yang suka makan daging maupun tumbuhan atau dikenal juga dengan hewan pemakan segala. Sesuai dengan namanya, hewan ini bisa memangsa hewan lain untuk disantap dan makan tumbuh-tumbuhan juga. Hewan omnivora juga bisa dikenali dari giginya. Selain punya gigi taring yang tajam, hewan ini juga punya gigi seri untuk memotong makanan, dan geraham untuk mengunyah makanannya.

Ciri-ciri hewan omnivora antara lain yaitu:

·         Susunan giginya memiliki tiga macam, yaitu:

Ø  Gigi geraham untuk mengunyah makanan

Ø  Gigi taring untuk mengoyak makanan

Ø  Gigi seri untuk memotong makanan

  • Memakan tumbuhan dan daging.
  • Memiliki pencernaan yang kompleks
  • Memiliki gigi yang tajam pada bagian depan
  • Memiliki gigi yang datar pada bagian belakang

Beberapa contoh hewan omnivora adalah beruang, tikus, ayam, flamingo, paus, monyet, dan musang.

 


4.  Insektivora

Insektivora merupakan istilah untuk jenis organisme dimana yg makanannya adalah serangga dan hewan kecil lainnya atau bisa di singkat bahwa insektivora merupakan organisme pemakan serangga dan hewan kecil. Binatang yangg dimaksud sebetulnya bukan binatang besar tetapi serangga seperti lalat, semut, laba-laba, hingga anak kodok.

Berikut adalah ciri ciri hewan insektivora antara lain yakni:

  • Memiliki ukuran yang kecil.
  • Merupakan mamalia terestial (menghuni suatu tempat) yang tinggal dilubang, pohon atau amfibus.
  • Mempunyai puncak gigi yang tajam.
  • Tulang air mata tidak melebar ke bagian wajah.
  • Mempunyai taju yang jelas.

Beberapa contoh insektivora hewan antara lain yakni Cicak, Kadal, Laba-Laba, Biawak, Tikus.

0 komentar:

Posting Komentar